Selasa, 29 Januari 2019

RINGKASAN PKN



1       Jelaskan urgensi PKN dalam mencerdaskan kehidupan bangsa?
   Pentingnya mencerdaskan kehidupan bangsa ialah pendidikan seharusnya tidak hanya dijadikan c       sebuah alat untuk menaikkan derajat social ekonomi saja, melainkan harus menjadikan manusia         sebagai manusia seutuhnya.

2    Menggali sumber historis, sosiologis, politik tentang identitas nasional Indonesia. Berikan uraian         mengapa ada identitas bangsa Indonesia dan apa saja?
   Identitas nasional adalah sebuah ciri-ciri atau khas dari sebuah Negara yang akan menunjukan             keunikan serta ciri-ciri yang akan membedakannya dengan Negara lain. Ada banyak contoh                 identitas bangsa Indonesia yang bias kita pelajari dan ketahui, beberapa diantaranya yaitu:
·         Mengetahui bahasa persatuan diIndonesia, yang merupakan bahasa nasional yang kita miliki secara bersama, yaitu bahasa Indonesia.
·         Kita memiliki sebuah bendera yang melambangkan bangsa Indonesia, yaitu Bendera Merah Putih.
·         Kita memiliki sebuah lagu kebangsaan, yaitu Indonesia Raya.
·         Pancasila merupakan sebuah lambing dan ideologi bangsa Indonesia.
·         Memiliki se,boyan yaitu Bhineka Tunggal Ika.
·         UUD 1945 merupakan dasar Negara dari Bangsa Indonesia.
·         Memiliki kebudayaan yang beragam dan merupakan pembagian dari kebudayaan daerah.

3.  Uraikan urgensi integrasi nasional sebagai parameter persatuan dan kesatuan bangsa?
  Maksudnya ialah, mampu berdisiplin untuk mewujudkan integrasi nasional dan mengokohkan            persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah NKRI, mampu mengevaluasi urgensi integrasi                nasional  sebagai salah satu parameter persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah NKRI, dan            mampu menyajikan hasil studi kasus terkait esensi dan urgensi integrasi nasional sebagai salah satu    parameter persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah NKRI.

4. Jelakan 3 penegak hukum di Indonesia?
  Penegak hokum yang ada di Indonesia meliputi:
·         Kepolisian  Negara RI
Dalam UUD 1945 pasal 2 UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara RI menyebutkan “fungsi kepolisian adalah salah satu fungsi permerintahaan dibidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegak hokum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.”
·         Mahkamah Konstitusi
Keberadaan Mahkamah Konstitusi baru disahkan mulai tahun 2003 dengan menuangkan poin mengenai Mahkamah Konstitusi kedalam UUD. Dalam UU No. 24 Tahun 2003 yang disahkan bulan agustus tahun 2003 mengatur tentang Mahkamah Konstitusi.
·         Pengadilan Militer
Sejatinya, pengadilan militer adalah representasi kekuatan kehakiman dilingkungan angkatan bersenjata. Pembentukannya telah dipertimbangkan berdasarkan keamanan Negara.

 5. Uraikan mengapa diperlukan wawasan nusantara?
   Wawasan nusantara merupakan cara pandang rakyat Indonesia terhadap lingkungannya.                       Diperlukannya wawasan nusantara semata-mata untuk pedoman, motivasi serta rambu-rambu             dalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, dan perbuatan baik bagi penyelenggara               Negara di tingkat pusat maupun daerah.

6. Jelaskan masing-masing 3 tugas pokok Polisi dan TNI !
·         Menurut Pasal 13 UU No. 2 Tahun 2002, tugan pokok kepolisian Indonesia adalah:
1)      Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat
2)      Menegakkan hukum
3)      Memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat
·         Sesuai UU TNI pasal 7 ayat 1, pokok tugas TNI adalah:
1)      Menegakkan kedaulatan Negara
2)      Mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
3)      Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan Negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar